_________________________________________________

Sabtu, 19 Mei 2012

 Stretching
Hello inspi-readers!
Mungkin sudah jam 7 atau 8, time to fitness. Tapi jarak antara kantor / rumah dengan tempat gym jauh banget. Apa lagi setelah fitness, capek banget mau mengendarai kendaraan buat pulang rumah. Gak kebayang deh! Jadi anda memutuskan untuk tidak pemanasan atau stretching untuk menghemat waktu anda. Langsung berganti pakaian dan melakukan angkatan 30 Kg di bench press.
Terdengar sudah biasa? It's so bad, Bro! Anda telah melupakan satu tahap penting dalam pembentukan tubuh atletis anda, streching.


Mengapa (Sebaiknya) Stretching / Pemanasan ?
Mungkin memang sangat mudah untuk melewatkan stretching. Tapi sebenarnya, stretching justru membantu aktivitas gym Anda lebih optimal. Berikut contohnya:
1. Stretching mengurangi risiko cedera. Setelah bekerja, otot-otot anda pastinya kaku dan tegang dong ? itu akan memicu keram pada otot-otot anda pada saat gym.
2. Stretching megoptimalkan latihan anda. Stretching membantu melemaskan otot yang tegang. Dan, energi yang dibutuhkan untuk menggerakan otot yang diregangkan lebih kecil dibandingkan dengan otot yang tidak diregangkan. Artinya, tenaga yang Anda keluarkan untuk mengangkat beban 30 Kg tersebut akan lebih kecil bila sebelumnya Anda melakukan stretching, sehingga latihan Anda akan lebih optimal.
Bagaimana Stretching (yang Baik)?
Ternyata stretching pun ada gayanya tesenditi loh ! Lakukan tips-tips di bawah ini untuk stretching lebih optimal:
1. Kombinasikan stretching dari kepala hingga kaki untuk menghindari cedera. Itu memberi efek sinergis yang bisa menjauhkan Anda dari cedera selama berolahraga. Jika anda melakukan stretching untuk otot-otot yang anda akan latih saja, fine-fine aja sih. Cuman lebih baiknya dari kepala sampai kaki / dari bagian atas sampai bawah.
2. Jangan sampai menyakitkan. Lakukan stretching sampai otot Anda terasa tertarik, bukan sakit. Kalau Anda merasa sakit saat stretching, kendurkan sampai tidak terasa sakit.
3. Lakukan rutin. Manfaat-manfaat stretching yang disebutkan tadi hanya didapat bila stretching telah menjadi bagian dari rutinitas Anda.

So, tentunya meluangkan waktu hanya 15 menit secara teratur untuk tubuh yang lebih sehat dan bugar tidak sulit bukan?
So, gak ada lagi alasan untuk tidak melakukan stretching sebelum memulai olahraga. Ya, apapun olahraganya. Selamat berlatih, pertahankankan semangat meraih tubuh atletis yang Anda impikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar